Banyak kaum muda dan mungkin juga kaum tua yang menganggap remeh sejarah. Belajar sejarah seperti menghabiskan waktu dan uang. Belajar sejarah masedu (masa depan suram), karena sedikit lapangan pekerjaan. Pandangan tsb mungkin ada benarnya dan banyak salahnya.

Banyak para peneliti dari berbagai disiplin ilmu membuka lembaran sejarah dan mengkajinya untuk bisa menemukan tren masa depan, mencari penyebab akibat yg timbul sekarang, pola cuaca/alam dan kehidupan sosial dan sebagainya.

Menguasai sejarah memang tidak berhubungan langsung dengan ekonomi. Banyak pakar sejarah hidupnya biasa saja, alias tidak kaya. Namun jika direnungkan, menguasai sejarah seperti mengawal peradaban manusia ke jalan masa depan yg benar dan lebih baik. Jika kita orang yg beriman, inilah kekayaan yg akan dinikmati setelah kematian. Dalam perspektif agama, peran sejarah sangat besar untuk menjaga keaslian agama tsb.

Dalam dunia Islam, ada jabatan Hafiz Quran dan Periwayat Hadist. Hafiz Quran adalah orang yg menghafalkan ayat2 suci Al-Quran, sedangkan Periwayat Hadist adalah orang yang mencatat perkataan Nabi Muhammad SAW yg disebut Hadist dan mencatat sikap atau prilaku Nabi Muhammad yg disebut Sunnah. Siapa-siapa saja Hafiz Quran dan Periwayat Hadist, mudah-mudahan ada kesempatan ditulis dalam tema yang lain.

 

 

 

Advertisements