Berawal dari rasa penasaran dengan apa yg terjadi tatkala melihat dan mendengar perselisihan dakwah yang terjadi diumat Islam pada tahun 2014 yang lalu, antara kelompok-kelompok Islam yg sudah eksis dengan kelompok Islam yg baru muncul yaitu Salafi.

Secara singkat, Kelompok Salafi mengklaim sebagai ajaran pemurnian yang mengembalikan ajaran Islam kepada Al-Quran dan Hadist serta mengikuti sunnah 3 generasi terbaik setelah sepeninggal Nabi Muhammad SAW, yaitu;  Sahabat, Tabiin, dan Tabiut-Tabiin.

Dalam mempelajari perpecahan kelompok-kelompok dalam Islam, diamati pula perpecahan yang terjadi diumat Katolik/Kristen, seperti bagan/gambar dibawah. Sumber; id.wikipedia.org.

1-skema-kristiani_a

Dalam mencari informasi perpecahan pada umat Islam di Indonesia, ditelusuri sejarah kelompok-kelompok Islam yg telah eksis bersumber dari media resmi kelompok2 tsb, kecuali kelompok-kelompok Islam yang baru (Salafi & Jamaah Tabliq) yang mempunyai pola gerakan dakwah tanpa badan/organisasi legal yang terdaftar di pemerintah. Sedangkan kelompok-kelompok Islam yang sudah lama eksis seperti; Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persatuan Islam dan Al-Irsyad telah berdiri diawal abad ke-20 pada jaman kolonial Belanda.

Setelah pencarian dan penyusunan, sungguh mengagetkan ternyata terdapat pola-bangun yang sama dengan perpecahan pada umat Katolik/Kristen. Telihat pada bagan/gambar dibawah.

 

2-skema-muslim_a

Lebih lanjut lagi, disamping pola perpecahan yang sebangun antara Katolik/Kristen dan Islam. Ada persamaan pula aspek-aspek keagamaan dalam internal Katolik/Kristen dan Islam yaitu; berkenaan tafsir, bidah/bidat, syirik, tawasul/perantara doa, pengkultusan dan sumber dana dri luar negeri.

Dibawah ini video aspek-aspek yg diperselisihkan internal kedua agama tersebut.

Dengan informasi-informasi tersebut diatas, diyakini Umat Katolik/Kristen dan Islam telah menjadi korban konspirasi kaum kafir.

Wallahualam Bishawab

Advertisements